DESA MENGAJI SEBAGAI PEMBENTUK PARTISIPASI DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS DIRI




 Gambar Kegiatan KKN 72 mengajar anak-anak desa Jelbudan

Kontribusi mahasiswa kepada masyarakat merupakan sebuah kewajiban tersendiri dalam membangun suatu bangsa, tidak hanya sebatas pada penciptaan sebuah alat atau teknologi yang bermanfaat, akan tetapi juga harus berupa pengajaran yang bisa bermanfaat bagi masyarakat tersebut, mengingat pendidikan adalah satu-satunya jalan untuk mengembangkan pola pikir dalam masyarakat. Selain itu, pendidikan karakter juga tidak kalah penting, dimana pendidikan tersebut membentuk karakter seseorang dalam bermasyarakat, sehingga ia akan dipandang baik dalam masyarakat tersebut.
Madura yang terkenal dengan pendidikan karakter, hal ini ditandai dengan banyaknya pendidikan dalam bentuk pondok pesantren yang tersebar luas mulai dari Bangkalan hingga Sumenep. Meskipun pendidikan tersebut tidak bercorak formal, akan tetapi tetap menjadi primadona bagi masyarakat untuk menempatkan anaknya di pondok pesantren. Tidak hanya itu, pendidikan juga diajarkan kepada anak-anak yang tidak masuk pesantren dalam sebuah mushola (Langger dalam bahasa Madura) dan masjid, pendidikan yang diajarkan dalam mushola juga hampir sama dengan pondok pesantren. Tidak jauh berbeda dengan kondisi umumnya di Madura, di Desa Jelbudan juga menerapkan sistem tersebut, dimana di beberapa mushola Jelbudan juga menjadi tempat pembelajaran agama yakni mengaji Al-Qur’an.
Sebagai bentuk pengabdian dalam masyarakat, progam kerja KKN 72 yang diajukan salah satunya adalah desa mengaji, dimana para mahasiswa atau peserta KKN 72 berusaha membantu para pengajar yang dalam hal ini Ustazd atau Kiai yang mengajar di sebuah mushola tersebut, mengingat para pengajar yang ada jumlahnya terbatas, sehingga proses belajar mengajar tidak kondusif bahkan cenderung tidak maksimal. Progam tersebut dimaksud sebagai bentuk partisipasi peserta KKN 72 Jelbudan untuk meningkatkan spiritualitas diri anak-anak yang ada di desa tersebut. Selain itu, progam tersebut juga diharap dapat menjadi salah satu cara peserta KKN 72 untuk berbaur dalam masyarakat. (anurymsi)
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment