KONDISI GEOGRAFIS DESA JELBUDAN


Peta Kecamatan Dasuk
Sumber http://ekkn.trunojoyo.ac.id
LETAK DAN LUAS WILAYAH
Desa Jelbudan merupakan salah satu dari 15 desa di wilayah Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep yang terletak 7km kearah timur kota kecamatan dengan luas wilayah sekitar 30.284 hektar. Desa Jelbudan terbagi menjadi 3 dusun yaitu Dusun Paotabar, Dusun Ombul, Dusun Daja.

Iklim Desa Jelbudan, sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujanan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Jelbudan Kecamatan Dasuk.

KEADAAN SOSIAL EKONOMI PENDUDUK
Desa Jelbudan mempunyai penduduk sekitar 3.198 jiwa terdiri dari 726 kepala keluarga dengan mata pencaharian umumnya lebih dari 89 persen sebagai petani, mengingat kondisi tanah, aliran sungai dan ditopang kondisi iklim yang kondisif berpotensi dan produktif untuk ditanami beberapa tanaman, seperti padi, jagung, kacang tanah, holtikultura dan tembakau. Sisanya lebih kurang 11 persen sebagai pedagang, pegawai swasta, PNS, buruh harian lepas, pensiunan, transportasi, konstruksi, nelayan, dan wiraswasta.

Rata-rata penduduk Desa Jelbudan hanya memiliki bekal pendidikan formal pada level tidak tamat pendidikan dasar 30,8 persen, pendidikan menengah SMP dan SMA sederajat 2 persen dan pendidikan di Perguruan Tinggi hanya 0,6 persen.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment