MIE SEHAT DARI KELOR


Daun Kelor Bahan pembuatan Mie Kelor

Beragam jenis makanan kini telah membanjiri pasaran, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern dapat ditemukan dimana saja bahkan telah menjamur dalam masyarakat pedesaan sekalipun. Akan tetapi dari beragam makanan tersebut, popularitas mie sebagai makanan pengganjal perut seolah tidak dapat tersaingi, keeksisannya terbukti dengan banyaknya makanan mie ayam, mie pangsit, dan lain-lain tetap menunjukkan taringnya di pasaran, hal ini menunjukkan bahwa mie menjadi makanan favorit dalam masyarakat.
Hal tersebut tentu menjadikan peluang besar bagi para pebisnis serta dapat meningkatkan nilai perekonomian masyarakat. Namun menjual mie seperti kebanyakan di pasaran tentu tidak dapat terus-menerus dilakukan, karena produk tersebut belum tentu akan laku dalam jangka lama di pasaran. Sehingga pembuatan produk yang lebih inovatif dan bervariatif diperlukan guna meningkatkan nilai jual suatu produk, begitu juga dalam produk mie. Proses inovasi ini dilakukan dengan memanfaatkan bahan baku yang melimpah di sekitar desa.
Desa Jelbudan yang memang banyak ditumbuhi pohon kelor menjadi suatu berkah yang melimpah dan harus dimanfaatkan sedemikian baik. Dalam hal ini daun kelor dapat diolah menjadi produk unggulan mie olahan. Inovasi tersebut tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini tentu menjadi inovasi yang berbeda bagi masyarakat mengenai daun kelor, mengingat kebanyakan masyarakat setempat hanya menjadikan daun kelor sebagai sayuran atau obat-obatan.
Selain itu, dengan adanya inovasi mie kelor juga dapat dijadikan sebagai alternatif makanan yang sehat dan bergizi, karena kebanyakan makanan yang dijual di pinggiran jalan tidak semua terjamin memiliki nilai gizi yang tinggi. Kandungan Nilai Gizi yang ada didalamnya tidak tanggung-tangguang, misalnya Zat besi, nitrogen, kalium, antioksidan dan masih banyak lagi, kandungan tersebut telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat radang, flu dan pilek, cacingan, bronchitis, kanker, dan tiroid. Dari kandungan gizi yang terdapat di dalam daun kelor, menjadikan olahan mie kelor tidak hanya mengenyangkan, dan rasa yang enak akan tetapi juga sehat bagi tubuh. (anurymsi)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment