SEJARAH PEMERINTAHAN DESA


Desa Jelbudan apabila dilihat secara kepemimpinan telah berganti sebanyak 6 kali, mulai dari kepemimpinan Bapak Bahra hingga saat ini yang dipimpin oleh Bapak Budianto. Namun pola kepemimpinan dalam desa tersebut setiap periode berbeda-beda, mengingat kondisi pemerintahan negara dari dulu hingga sekarang juga mengalami perubahan. Hal tersebut terlihat dari periode kepemimpinan yang tidak menunjukkan pola atau keteraturan, dan yang paling mencolok adalah kepemimpinan dari Bapak Bahra hingga Bapak H. Hasan yang mampu memimpin selama 12 hingga 32 tahun. Berikut data-data kepemimpinan Desa Jelbudan mulai tahun 1917 hingga sekarang (RPJM desa Jelbudan 2015:20) :
1.      Bapak Bahra dengan masa kepemimpinannya sekitar tahun 1917-1935
2.      Bapak Sa’adi dengan masa kepemimpinannya sekitar tahun 1935-1951
3.      Bapak Sa’dun dengan masa kepemimpinannya sekitar tahun 1951-1983
4.      Bapak H. Hasan dengan masa kepemimpinannya sekitar tahun 1983-1999
5.      Bapak Jumadi dengan masa kepemimpinannya sekitar tahun 1999-2007
6.      Bapak Budianto dengan masa kepemimpinannya sekitar tahun 2007- Sekarang.
Pemerintahan berjalan secara demokratis dengan menjunjung tinggi budaya demokrasi, nilai-nilai kemanusiaan, menghargai harkat, derajat dan martabat manusia, adalah contoh pemerintahan di Desa Jelbudan sehingga demokrasi tersebut menjadi bagian hidup masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak hanya berkaitan dalam proses politik semata tetapi juga terjadi dalam proses politik semata tetapi juga terjadi dalam proses bidang kehidupan, seperti aspek ekonomi, sosial dan budaya.
Pada pemilihan kepala desa tahun periode 2015-2020 jabatan Kepala Desa Jelbudan oleh masyarakat masih dipercayakan kembali kepada kepala desa terpilih yaitu Ismawiyah.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment